Sejarah Perkembangan OS Android Serta Nama-Namanya Yang Unik


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...


   Hai para bloggers. Di postingan pertama kali ini, saya akan membahas tentang sesuatu yang sebenarnya ada dan dekat sekali dengan kita. Dia berada di dalam hp kalian semua lho. Yups, benar sekali, dia adalah android. Tanpa android, hp kita tidak ubahnya seperti hp nokia jadul, hanya bisa untuk SMS, nelpon, main game jadul, dan lain sebagainya. Perlu diketahui, kegunaan android secara umum adalah untuk memenuhi serta memudahkan segala kebutuhan masyarakat khususnya dalam hal komunikasi. tidak hanya sebatas untuk menelepon atau mengirim pesan singkat (SMS) saja tetapi juga dapat digunakan untuk komunikasi melalui internet dan sejumlah aplikasi hiburan. Jadi, begitu besarnya peranan android ini bagi hp kita hingga terus berkembang dan berkembang sampai saat ini.

   Banyak sekali para pengguna telepon pintar (Smartphone) yang belum tahu bagaimana asal usul serta sejarah dari android ini, termasuk saya :D. Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini.


AWAL MULA ANDROID SERTA PERKEMBANGANNYA


   Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet. Sejarah android pada mulanya berasal dari perusahaan bernama Android, Inc. didirikan tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan sebuah "perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya". Tujuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum dirilis). Meskipun para pengembang Android tersebut merupakan pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dijalankan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang tersebut sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperuntukkan untuk telepon seluler. Masih pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Steve Perlman adalah seorang teman dekat Andy Rubin dan meminjaminya $10.000 tunai serta menolak tawaran saham di perusahaan.

   Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.

    Sistem operasi android tersebut secara resmi dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya sebuah perusahaan Open Handset Alliance, konsorsium dari beberapa perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler. Ponsel yang berbasis sistem operasi Android pertama dijual pada bulan Oktober 2008.

   Ponsel pertama yang memakai sistem Operasi Android adalah HTC Dream yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008 dan pada awal tahun 2009 mulailah para pengembang ponsel menggunakan OS android ini dan diperkirakan setidaknya 18 ponsel bersistem OS Android rilis di awal tahun 2009.


Gambar HTC Dream


    Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki bug pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut, seperti cupcake, donut, dan sebagainya.

    Ternyata logo Android ini juga memiliki sejarahnya. Logo Android terlahir dari sebuah rancangan seorang desainer bernama Irina Blok. Logo Android tersebut dirancang untuk simbol internasional. Pemilihannya pun tidak dilakukan secara asal-asalan, setiap logo harus sesuai dengan nama, sehingga dalam pembuatan logo ini dibentuk tim sendiri untuk merancangnya. Dan akhirnya, tim ini memilih untuk menggunakan logo berbentuk robot dengan badan yang kekar serta kepala yang mirip dengan mangkuk yang terbalik. Logo dari Android berupa robot Android berwarna hijau muda. Untuk Font Android, Google menggunakan font Android Norad yang dibuat oleh Ascender Corporation.


NAMA-NAMA VERSI ANDROID DARI AWAL PERILISAN HINGGA SEKARANG

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap versi android yang dirilis dinamai secara alfabetis berdasarkan nama makanan penutup yang manis-manis atau camilan (kecuali android A dan B). Hmmm... Kenapa ya android memberi nama pada versinya dengan nama makanan penutup? Ini adalah rahasia dapur Google, karena baginya ini merupakan rahasia tim dan untuk menutupi kebijakannya. Tentunya ini menjadi salah satu keunikan tersendiri dalam pemberian nama OS pada Android. Lalu apa sajakah nama-nama semua versi android tersebut? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Android Alpha
   Setidaknya terdapat dua versi Android yang dirilis oleh Google dan OHA sebelum diperkenalkannya Android beta pada November 2007. Versi ini diberi nama kode "Astro Boy", "Bender", dan "R2-D2", dinamai berdasarkan nama-nama robot fiksi. Dan Morrill merancang logo Android pertama, namun logo robot hijau yang menjadi maskot Android saat ini dirancang oleh Irina Blok. Ryan Gibson, Manajer proyek Android, Inc., memperkenalkan skema penamaan berdasarkan nama-nama penganan manis, yang kemudian diterapkan dalam semua versi Android, dimulai dengan Android 1.5 Cupcake pada bulan April 2009. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro”, tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama ”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

2. Android Beta
   Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google. Lalu, pada tanggal 5 November ditetapkan sebagai hari ulang tahun android.

3. Apple Pie (v1.0)
    Pertama kali dirilis pada 23 September 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini. Dikenal pula dengan nama android one.

4. Banana Bread (v1.1)
    Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

5. Cupcake (v1.5)
    Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Nah, mulai versi Android ini penamaan menggunakan nama makanan pencuci mulut (dessert) mulai digunakan, karena ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan huruf “C” dan jadilah “Cupcake” menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

6. Donut (v1.6)
    Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA.

7. Eclair (v2.0)
     Eclair rilis pada 26 Oktober 2009, selisih satu bulan dengan versi sebelumnya. Pada versi kelima ini sudah dilengkapi berbagai fitur seperti bluetooth v2.1, dan juga menambahkan fitur pada kamera seperti adanya lampu flash, digital zoom, efek warna dan makro fokus. Beberapa versi updatenya antara lain Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

8. Froyo (Frozen Yogurt) (v2.2)
    Dirilis pertama kali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.

9. Gingerbread (v2.3)
    Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalkan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7.

10. Honeycomb (v3.0)
    Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC. Terdapat fitur seperti holografis dan mendesain ulang papan ketik yang lebih cepat dan efisien untuk layar besar.

11. Ice Cream Sandwich (v4.0)
   Ice Cream Sandwich atau sering kita sebut ICS pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich. Pada versi ini terdapat beberapa pembaharuan fitur seperti, launcher yang bisa dikustomisasi, fungsi cubit untuk memperbesar gambar pada kalender dan masih banyak fitur lainnya.

12. Jelly Bean (v4.1-v4.3)
    Jelly Bean rilis pada 27 Juni 2012. Versi ini meningkatkan pembaharuan antarmuka yang lebih halus, papan ketik yang bisa dimodifikasi dan teks dua bahasa serta dukungan bahasa lainnya.

13. KitKat (v4.4)
    Kitkat rilis pada 31 Oktober 2013. Meskipun pada awalnya diberi nama “Key Lime Pie” (“KLP”), nama itu berubah karena sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie. Beberapa blogger teknologi juga mengharapkan rilis “Key Lime Pie” menjadi Android 5. KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya. Fitur yang terdapat pada KitKat seperti kerangka kerja baru untuk transisi UI, peningkatan tampilan layar mode penuh dan dukungan Bluetooth Message Acces Profile.

14. Lollipop (v5.0)
    Android Lollipop adalah versi stabil terbaru dengan versi antara 5.0 dan 5.1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 saat Google I/O, dan tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition). Mempunyai fitur factory reset protection, jadi saat smartphone hilang tidak bisa dihidupkan oleh orang lain tanpa memasukan ID Google dan password. Versi ini juga mempunyai fitur menghemat baterai dengan daya tahan 30% lebih lama.

15. Marshmallow (v6.0)
    Android Marshmallow dirilis pada tanggal 5 Oktober 2015 pada Konferensi Google I/O. Marshmallow merupakan sistem operasi android yang sudah menerapkan fitur keamanan sidik jari untuk membuka kunci, dan terdapat teknologi baterai yang lebih cerdas dan efisien dengan cara mengaktifkan mode tidur.

16. Nougat (v7.0)
    Android Nougat dirilis secara umun pada tanggal 23 Agustus 2016. Versi ini memiliki lebih dari 1500 emoji, menggunakan mode VR, terdapat fitur penghemat data dan apabila fitur ini diaktifkan maka aplikasi yang berjalan di latar belakang tidak akan mengakses data seluler.
    Terdapat juga pengaman pintar bernama Trusted Face, memudahkan kamu untuk membuka kunci dengan fitur pengenalan wajah.

17. Oreo (v8.0)
    Android Oreo pertama kali dirilis sebagai pratinjau pengembang pada tanggal 21 Maret 2017 dan dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. 
    Pada versi ini, ada sejumlah pembaruan dan fitur menarik yang membuat versi ini lebih unggul daripada versi sebelumnya. Beberapa pembaruan, seperti tampilan home screen yang lebih segar, notifikasi, dan menu setting. Dan fitur menarik, diantaranya emoji yang lebih banyak (mulai dari emoji ekspresi wajah, emoji binatang, emoji kendaraan, dan masih banyak lainnya), autofill (yang berfungsi untuk menyimpan data dari setiap form yang pernah kita isi, seperti data username, password, alamat, dan lain sebagainya), serta fitur WiFi Aware yang memungkinkan perangkat saling terhubung tanpa menggunakan pihak ketiga atau access point.
   Perangkat yang pertama kali mencicipi versi ini adalah Pixel, Pixel XL, dan Nexus.

18. Pie (v9.0)
    Versi terbaru dari sistem operasi ponsel Android adalah Android Pie. Sama seperti pendahulunya, versi ini dinamakan dengan nama makanan pencuci mulut. Pertama kali dirilis ke publik pada tanggal 6 Agustus 2018 dengan perangkat pertama yang mencicipi versi ini ialah Pixel dan Sony Xperia XZ3.
   Banyak pembaruan dan fitur menarik yang ditawarkan pada versi android terbaru ini. Di antaranya tentu peningkatan tampilan, baik home screen, notifikasi, menu setting, dan lain sebagainya. Namun ada satu fitur menarik yang belum pernah ada atau pertama kali ada di versi android ini, yaitu fitur mode gelap (dark mode).

19. Android 10 (v10)
    Versi ini adalah versi paling terbaru yang saat ini dalam proses pengembangan alias beta secara publik. Dirilis pertama kali pada 3 September 2019, versi ini merupakan versi pertama yang tidak menggunakan nama makanan pencuci mulut. Google mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menggunakan nama makanan untuk versi android mereka sejak versi ke-10 ini. Artinya, kita tidak perlu lagi menantikan nama berikutnya untuk versi selanjutnya sebagaimana dahulu karena akan diganti dan disederhanakan menjadi angka saja (android 10, android 11, dst.).
    Terdapat beberapa pembaruan fitur baru pada versi ini. Antara lain fitur teks otomatis, mode gelap, smart reply, amplifier suara, update keamanan, dan kontrol privasi. Smartphone pertama yang menerapkan versi 10 ini salah satunya adalah Pixel dari Google untuk semua seri.

20. Android 11 (v11)
     Dikutip dari berbagai sumber termasuk Wikipedia, Google secara sembunyi-sembunyi merilis android versi 11. Tampaknya, mereka melakukan hal itu sebab dunia sedang dilanda pandemi. Dirilis pada 19 Februari 2020, versi android ini sama seperti versi sebelumnya, tidak lagi menggunakan nama makanan, meskipun kabar burungnya nama makanan masih digunakan di kalangan internal Google. Versi ini masih dalam masa pengembangan alias beta secara publik dan yang terbaru masih versi 2.5.
      Setiap versi android pasti terdapat pembaruan atau penambahan fitur. Tak terkecuali android 11 ini. Dikabarkan, pembaruan fitur tersebut antara lain perekam layar bawaan, opsi satu izin untuk mikrofon, kamera, lokasi, dan lainnya, serta sistem notifikasi yang mirip seperti chat bubbles. Adapun smartphone yang pertama kali mencicipi android 11 ini ialah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, 3, Pixel 3 XL, Pixel 3A, Pixel 3A XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL.


   Itulah ulasan  tentang sejarah android serta nama-namanya dari awal hingga kini. Dan tentunya kita masih menunggu update-an versi terbarunya yang masih dalam masa beta publik. Oke, sekian postingan saya kali ini dan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.



*Postingan ini akan terus saya perbarui seiring dengan rilisnya android versi berikutnya serta perbaikan informasi yang disajikan.

Komentar